Belajar web/blog mudah dengan Instant WordPress

Belajar wordpress di komputer tanpa jaringan internet (offline atau lokal) mungkin bagi sebagian orang masih terasa sulit, karena memang biasanya harus melalui berbagai langkah (seperti di artikel saya Video Tutorial Installasi WordPress di Komputer Lokal). Tetapi dengan instant wordpress, belajar wordpress akan menjadi mudah.

WordPress merupakan salah satu Content Managemen System (CMS) yang paling banyak digunakan saat ini, selain karena kemudahannya, dukungan komunitas, plugins dan themes yang sangat banyak membuat wordpress begitu populer. Selain itu dengan wordpress bisa dikembangkan tidak hanya untuk blogging saja, tetapi bisa dikembangkan menjadi website resmi, komunitas, iklan sampai web untuk jualan (e-commerce).

Untuk sebagian pengguna komputer di Indonesia, ketika harus belajar wordpress online setiap saat mungkin agak kerepotan, selain koneksi internet yang terbatas, kecepatan internet yang tidak stabil kadang juga bisa menjadi penghambat untuk belajar. Oleh karena itu salah satu solusi adalah belajar di komputer lokal tanpa perlu koneksi internet (offline).

Menjalankan website semisal wordpress di komputer lokal akan memerlukan beberapa software atau aplikasi tambahan lainnya, semisal Apache (web server), mysql (database), PHP dan lainnya. Dengan Instant WordPress kita tidak perlu mengatur (memikirkan) hal tersebut, termasuk membuat database, karena kita bisa langsung menjalankan wordpress, bahkan dari USB flashdisk (Portable).

installasi dan Penggunaan

Untuk bisa mencoba menggunakan Instant WordPress, silahkan download dari link yang tersedia di bagian bawah artikel ini. Selanjutnya install dan tempatkan hasilnya di sembarang folder yang kita inginkan, baik di komputer atau di Flashdisk. Hasilnya nanti juga bisa kita pindah-pindah dan copy ke tempat lain dan langsung bisa dijalankan.

Selanjutnya buka folder Instant WordPress tersebut dan jalankan file InstantWP.exe, maka akan tampil menu utama instant WordPress yang terdapat beberapa menu, dengan penjelasan sebagai berikut :

  • WordPress Frontpage, akan menampilkan halaman index (home) web atau blog
  • WordPress Admin, menampilkan halaman untuk masuk halaman administrator (login), usernya adalah:admin dan passwordnya:password
  • Plugins Folder, untuk membuka folder plugins, ketika kita ingin menginstall plugin baru
  • Themes Folder, untuk membuka folder themes, ketika kita ingin mencoba menambahkan themes baru
  • MySQL Admin, untuk membuka halaman MySQL dan mengelola database web/blog
  • Documentation untuk membuka halaman dokumentasi online instant wordpress

Selain dijalankan melalui aplikasi bawaannya, kita juga bisa mengetikkan http://127.0.0.1:4001/wordpress/ di web browser untuk melihat tampilan utama website kita. WordPress sudah otomatis jalan (tanpa perlu install dan setting database), blog yang disertakan di instant wordpress juga sudah menyertakan konten contoh (baik post maupun page). Setelah di install, kita juga bisa memindah atau copy folder instant wordpress ke berbagai tempat lain dan langsung dijalankan.

Tips: Instant WordPress secara default (bawaan) akan menggunakan web browser Internet Explorer. Jika kita ingin mengubah web browser yang digunakan, kita bisa menganti setting dengan membuka file pms_config.ini yang ada di folder iwpserver. Cari baris dengan tulisan BrowserPath= ../system/InstantWP_GUI.exe dan ganti dengan BrowserPath= “C:\Program Files\Mozilla Firefox\firefox.exe” jika ingin menggunakan Mozilla Firefox.

Ketika pertama kali di install, Instant WordPress tidak akan mengubah file/setting atau registry windows, karena bersifat portable. Ketika artikel ini ditulis, instant wordpress menyertakan aplikasi berikut : WordPress 3.2, Apache 2.2.15, PHP 5.3.2, MySQL 5.1.46 communiti dan konten contoh.

Tertarik untuk mencoba ? Download Instant WordPress ( 54.1 MB) Alternatif Download dari Mediafire InstantWP_4.1.exe

%d blogger menyukai ini: