Koleksi software gratis untuk merekam audio (suara) di komputer

Koleksi software gratis untuk merekam audio (suara) di komputer

Ada kalanya kita memerlukan software (program) untuk merekam suara yang ada di komputer, atau kita ingin merekam suara kita sendiri melalui mic yang dipasang di komputer. Bagaimana melakukan hal ini ? ternyata untuk merekam audio/suara cukup mudah, ada banyak software yang bisa kita gunakan.

Berikut beberapa software gratis yang dapat digunakan untuk merekam audio (suara), baik internal, microphone atau media lainnya.

Jet Audio Basic

Selain mampu menjalankan berbagai file audio, konversi audio, Jet Audio juga memberikan fitur untuk merekam audio, baik suara yang keluar di speaker, line-in atau melalui microphone.

 

Hasil rekaman suara bisa disimpan ke berbagai format, seperti wav, ogg, wma, flac, realmedia dan lainnya. Selain itu, hasil keluaran bisa otomatis di beri nama dengan tambahan waktu (tanggal, jam, menit,detik) sehingga bisa merekam banyak audio secara terus menerus tanpa harus bingung dengan nama file keluaran.

Jika mempunyai versi berbayar, ada tambahan fitur untuk mengatur equalizer dan band-pass ( low pass filter dan high pass filter) serta Audio Trimmer. Tetapi dengan vrsi gratis pun sebenarnya cukup memadai.

Download Jet Audio basic dari salah satu link berikut (31.3 MB) :
JetAudio di FileHippo
JetAudio di Download.com

Audacity

Salah satu program gratis dan open source adalah Audacity. Selain kaya dengan software untuk editing audio, audacity juga memberikan fitur untuk merekam audio. Seperti halnya Jet Audio, Audacity mampu merekam audio/suara dari mic, line-in serta audio internal yang keluar di speaker.

 

Audacity memberikan beberapa kelebihan dibanding JetAudio, seperti kita bisa langsung mengedit audio hasil rekaman, serta format keluaran yang lebih banyak. Hasilnya bisa di export ke berbagai format seperti : MP3, WAV, GSM 6.10 wav (untuk mobile/handphone), OGG, Flac, Mp2, WMA, AMR, M4A (AAC) dan lainnya. Selain itu Audacity tersedia untuk WIndows, Linux dan Mac OS X.

Download Audacity ( 11.32 MB):
Audacity dari FileHippo
Audacity dari SourceForge

Audio Recorder for Free

Software gratis berikutnya adalah Audio Recorder for Free. Software dari audio-tool.net ini di khususkan untuk merekam audio saja. Sehingga penggunaannya mudah dan mampu menyimpan hasil rekaman menjadi MP3, WMA atau WAV. Juga dapat merekam dari line-in, microphone, suara yang keluar di speaker.

 

Selain penggunaan software ini sangat mudah, juga mampu berjalan di windows 98 sampai windows 7. Jadi untuk proses recording saja, software ini mungkin bisa mencukupi.

Download Audio Recorder for Free ( 10.8 MB)

Dari berbagai software di atas, tampaknya Audacity lebih unggul, karena mampu menyimpan dalam berbagai format, dapat berjalan di berbagai platform serta dapat langsung mengedit hasil rekaman. Jika hanya memerlukan software perekam yang mudah dan praktis, Audio Recorder for Free juga bisa dijadikan alternatif.

 

 

Apa itu folder MSOCache ?

Jika kita menginstall Microsoft Office 2003, 2007 atau Office 2010 dengan installasi bawaan, biasanya di folder tempat menginstall office ini akan ada folder yang namanya MSOCache. Atau mungkin kita penah melihat folder ini di drive C:. Apa sebenarnya isi folder ini dan apa manfaatnya ?

Berikut penjelasan singkat apa itu folder MSOCache, apa manfaatnya dan bisakah kita hapus, mengingat ukurannya lumayan besar.

Ketika kita menginstall Microsoft Office ( 2003, 2007 atau 2010 ) maka otomatis, file-file installasi office tersebut akan di copykan di drive dimana office tersebut di install. Misalnya kita menginstall Office di drive C, maka folder ini akan dibuat di C:\MSOCache.

Folder MSOCache mempunyai atribut hidden, sehingga jika windows explorer di set untuk menyembunyikan file dan folder yang di-Hidden, maka folder ini tidak akan terlihat. Untuk melihatnya, aktifkan melalui Folder Options. ( Tools > Folder Options, pilih tab “View” dan beri check “Show hidden files and folders“).

 

Manfaat MSOCache

MSOCache yang berisi file-file installasi office mempunyai beberapa manfaat atau fungsi, sehingga ketika melakukan hal-hal berikut kita tidak perlu menggunakan CD installasi Office :

  • Detect and Repair Operation ( operasi untuk mendeteksi dan memperbaiki jika installasi office mengalami kerusakan)
  • Permintaan operasi install
  • Mode perbaikan/maintenance office
  • Installasi service pack dan update

 

Dengan adanya MSOcache, operasi-operasi diatas tidak memerlukan CD/DVD office, tinggal mengambil file-file yang sudah ada. Jika operasi diatas tidak begitu penting atau jika diperlukan memilih menggunakan CD, maka folder ini aman untuk dihapus ( langsung delete melalui windows explorer), mengingat Folder MSOCache mempunyai ukuran yang cukup besar, untuk Office 2007 hampir 500 MB dan 2010 hampir 700 MB.

Ketika menginstall Office, di beberapa langkah terakhir juga disediakan opsi apakah kita akan menghapus file-file installasi di MSOcache ini. Jika iya, maka folder MSOcache tidak akan dibuat (dihapus).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: